Bentuk Komunikasi Jarak Jauh

Selamat siang , ini adalah postingan pertama saya di blog ini sekaligus ini adalah pertama kalinya saya menulis sebuah artikel , jadi mohon maaf apabila masih banyak kekurangan di dalam penulisannya.  Jadi , di postingan pertama ini , saya mau berbagi sedikit ilmu tentang Dasar Telekomunikasi.

Apa itu Telekomunikasi ?

Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:  

1. Komunikasi Satu Arah (Simplex).
Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Pager, televisi, dan radio.
Simplex adalah komunikasi yang tidak memungkinkan penerima dan pengirim saling bertukar informasi. Pada komunikasi ini sinyal-sinyal dikirim hanya satu arah saja dalam waktu yang bersamaan. Karena melalui satu arah saja, komunikasi ini tidak terjadi secara interaktif, informasi hanya disampaikan melalui satu titik saja.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjB02BAG0VajWezTnp7XsyZiVU4FU3sumjAKypMHWaMZe6_7VHmOVcmlHrIoP1ciJ5zHohc-uRRsM74_Xela3rlEce15B1ErgndOKfpeKxxTes5JIL13W8spXO9UzC_8hqrsmHRwYcKk3rV/s400/simplex.jpg

Biasanya metode simplex ini dimanfaatkan oleh teknologi seperti Televisi dan Radio. Konsep ini bisa diterapkan pada metode broadcasting penyiaran televisi dan radio. Dimana satu sumber memberikan informasi kepada pendengar/penonton saja, namun dari pihak pendengar/penonton tidak dapat berkomunikasi atau memberikan informasi secara langsung melalui jalur tersebut.

Keuntungan Simplex  :
  1. Dalam jalur atau media transmisi berjalan satu arah.

Kelemahan Simplex    :
  1. Data yang dikirim hanya kesatu arah saja
  2. Pengirim dan penerima tugasnya tetap
  3. Metode ini paling jarang digunakan dalam komunikasi data

2. Komunikasi Dua Arah (Duplex/Full Dupleks).
Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.
Contoh: telepon dan VOIP.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjATDeeJG4oF8LTXsr7q-PXG33iy76HQs60ro-LoRdtenjo9IBL6iZ6KBR2MWAun5CWy8nFOPFr_nc9HdLfInMGUHRuancFNPXkhJAygRGlUz3nGZADmUNJKqieCYA72vo70vfGnF_i-gJK/s400/duplex.jpg

Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Telepon dan VOIP (Voice Over Internet Protokol).Dalam komunikasi full-duplex, dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama, dan umumnya membutuhkan dua jalur komunikasi.

Komunikasi full-duplex juga dapat diraih dengan menggunakan teknik multiplexing, di mana sinyal yang berjalan dengan arah yang berbeda akan diletakkan pada slot waktu (time slot) yang berbeda. Kelemahan teknik ini adalah bahwa teknik ini memotong kecepatan transmisi yang mungkin menjadi setengahnya.

Keuntungan Full Duplex :
  1. Pada full-duplex terdapat sharing pada jalurnya agar kedua sinyal dengan arah yang berbeda dapat berjalan.
  2. Tersedia dua buah jalur fisik yang memisahkan arah jalur, satu jalur untuk mengirim dan satu jalur lagi untuk menerima.
  3. Kedua station dapat mengirim dan menerima data secara simultan.
  4. Tidak ada deteksi gangguan/collision.

Kelemahan Full Duplex :
  1. Tidak dapat menerima informasi apabila salah satu lawan bicara tidak aktif (offline).

3. Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex).
Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex) pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan.
Contoh: Handy Talkie, FAX , dan Chat Room.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgng5y03vhvASyFj8AttLD4dtxsbtBz51VCCsduLoox74-YMza3UEEYQFCrPv4sNqJLAXwy7C_VWw2uzrvojhlzB3A_tpZiu7caQxltgQd02X9M2bxLVvvy2Lu8pUpp2G2tgeIbQaS2LkSV/s400/halfduplex.jpg
 

Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex) pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh: Handy Talkie, FAX (Faksimile), dan Chat Room.
Half-duplex merupakan sebuah mode komunikasi di mana data dapat ditransmisikan atau diterima secara dua arah tetapi tidak dapat secara bersama-sama. Contoh paling sederhana adalah handy-talkie, di mana dua penggunanya harus menekan sebuah tombol untuk berbicara dan melepaskan tombol tersebut untuk mendengar. Ketika dua orang menggunakan walkie-talkie untuk berkomunikasi pada satu waktu tertentu, hanya salah satu di antara mereka yang dapat berbicara sementara pihak lainnya mendengar.

Kelemahan pada half dupleks adalah jika kedua-duanya mencoba untuk berbicara secara serentak, kondisi "collision" (tabrakan) pun terjadi dan kedua pengguna media half dupleks (walkie-talkie) tersebut tidak dapat saling mendengarkan apa yang keduanya kirimkan.
.
.


Sekian untuk siang ini , terimakasih sudah berkunjung dan membaca. Semoga ada manfaat yang didapat dari postingan diatas. ^_^



No comments:

Post a Comment